19 June 2013

Lebih hemat pakai Premium atau Pertamax ???

#Update : Rabu, 19 November 2014
Ulasan ini sebenarnya saya tulis di awal tahun 2010. Saya lakukan beberapa kali update agar sesuai dengan kondisi terkini. Terinspirasi dari teman bermotor Honda Mega Pro selalu mengisi pertamax, setelah saya uji coba menggunakan Honda Supra X 125 ternyata memang lebih hemat memakai pertamax,....  Namun, lama-kelamaan persentase harga pertamax dibanding premium terus mengalami kenaikan sehingga saya tinggalkan pertamax. Sekarang persentase selisih harga tidak terlampau jauh, saya kembali ke pertamax,.....

Menjawab permasalahan umum, mending pakai pertamax apa premium ya???
Pertamax yang dimaksud disini adalah pertamax 92.
Bilangan oktan premium hanya 87, sedangkan pertamax 92 adalah 92.

Apa itu bilangan oktan ???
Silakan cari di google “bilangan oktan pada BBM” sudah banyak yang mengulas.

Pernahkan anda menghitung berapa jarak yang dapat ditempuh dengan 1 liter premium dan 1 liter pertamax ???
Pengujian saya lakukan  tahun 2010 menggunakan Honda SupraX 125R. type NF 125 SC.
ini penampakannya : itu barang bawaan ketika kembali ke Semarang setelah mudik hari raya di kampung halaman. Istirahat dulu di Kodim Boyolali. Kardus isi jajan, Tas kecil isi laptop, Tas besar isi sedikit pakaian dan banyak jajanan,....
apa perbedaan dengan supra yang sekarang ???
baca disini : http://dolanotomotif.com/2012/05/27/perbedaan-supra-125-2005-2007-dan-supra-125-2007-2012/#more-800 ternyata mesinnya beda, supra lama kompresi lebih tinggi, lebih irit, dan tenaga lebih besar,...  hasil ulasan agan nbsusanto di blognya,....

Tipe motor tersebut : Honda NF 125 SC tahun 2007, lihat STNK anda untuk mengetahui tipe motor. Tabel merk motor dan tipe motor bisa anda lihat di blog ini http://membuatblogdiblog.blogspot.com/2012/07/motor-merk-honda.html

Perbandingan kompresi mesin = 9,3 : 1, lalu apa hubungan kompresi dengan tipe bahan bakar??? menurut aturan, bahan bakar yang sesuai dengan motor saya adalah pertamax 92. Cek google "hubungan kompresi dengan bahan bakar" atau klik : http://teorimesinmotor.blogspot.com/2012/02/hubungan-besar-kompresi-dengan-bahan.html

Kondisi motor dan lokasi pengujian :
  1. Motor dengan sistem karburator.
  2. Motor standar, tanpa modifikasi, hanya memakai busi racing yang sip pokok'e,....
  3. Pemakaian sendiri tanpa berboncengan.
  4. Kondisi jalan perbukitan kota Semarang.
  5. Lingkup pemakaian di dalam kota, bukan jalan lurus antar kota kecepatan tinggi.
Beda motor pasti beda hasil pengujian. 

03 June 2013

Gunting Kuku Tuas Ke-???

Pernahkah kalian memotong kuku?
Alat pemotong kuk seperti pada gambar di bawah adalah pesawat sederhana jenis pengungkit/tuas. 
Pemotong kuku ini tuas tipe berapa ya???

Tuas/Pengungkit ada tiga tipe :
titik di bagian tengah adalah :
Tipe I = Tumpu (T)
Tipe II = Beban (B)
Tipe III = Kuasa (K)
Disingkat TeBaK atau TemBaK ==> TBK (urutan titik di tengah dari tipe I,II,III)