10 April 2012

Merokok Tapi Sehat


             Banyak orang di dunia ini yang merokok.         Bermacam – macam pula slogan tentang rokok. Mulai dari himbauan merokok merugikan kesehatan hingga slogan yang mengajak dan mendukung rokok. Meraka yang merokok punya beberapa pedoman sebagai berikut :
  • Merokok akan mati, tidak merokok pun akan mati pula.
  • “Warka’u ma’ar roki’in” : “rukuklah bersama orang – orang yang rukuk” (Q.S. Al-Baqarah). Ayat ini kadang diselewengkan untuk kepentingan “guyon” menjadi arti : merokoklah bersama orang – orang yang merokok.
  • Lihatlah orang – orang tua, mereka tetap sehat walaupun merokok sejak muda.
Eitss,....   tapi lihat dulu, !!!  Baca lanjutannya,.....
Jika anda melihat perokok yang sehat, maka jangan beranggapan meroko itu sehat,
cek dulu informasi berikut : 
  • orang tua perokok yang mana yang sehat?
  • Bagaimana pola hidupnya?
  • Rokok apa yang dihisap?
  • Tempat merokok favoritnya dimana?
  • Punya penyakit apa? Apakah punya penyakit faktor keturunan?
  • Dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi kesehatan selain rokok. Karena rokok hanya salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan. Banyak sekali faktor lain yang mempengaruhi kesehatan misalnya : lingkungan, keturunan, genetika, dll.
Berikut beberapa hipotesis cara merokok yang sehat dan merupakan hasil pengamatan sementara di lapangan. Hipotesis ini dapat diuji di lapangan untuk memperoleh data kuantitatif untuk memperoleh kesimpulan akhir. Trik dan kiat menjadi perokok yang sehat diantaranya :
  1. Merokok di tempat yang terbuka. Maksud dari tempat terbuka disini adalah bukan di dalam ruangan seperti di kamar, di dalam rumah. Tempat yang cocok untuk merokok adalah alam terbuka yang masih hijau dan asri seperti di sawah, hutan, pantai, dan lainnya. Alam terbuka yang hijau ini selalu menyediakan oksigen dan bebas dari polusi sehingga menjadikan tubuh tetap sehat meskipun merokok. Fakta menunjukkan bahwa asap kendaraan bermotor dan asap pabrik jauh lebih berbahaya dibandingkan asap rokok.
  2. Merokok dengan asupan nutrisi yang teratur. Asupan nutrisi berarti menjaga pola hidup sehat. Dengan membiasakan makan – makanan yang bergizi menjadikan tubuh sehat pula.
  3. Merokok dengan bekerja keras / olahraga. Merokok ibarat memasukkan zat mikro ke dalam paru – paru yang akhirnya akan ikut bersama darah melalui pembuluh darah. Seorang pekerja keras seperti petani dan olahragawan memiliki aliran darah yang lancar sehingga zat rokok dalam darah tidak sampai mengendap. Berbeda dengan pekerja kantoran yang hanya duduk – duduk, maka aliran darahnya pelan sehingga zat rokok mengendap dan menyebabkan tekanan darah tinggi hingga jantung koroner.
  4. Merokok satu jenis rokok. Tiap jenis rokok terbuat dari bahan – bahan yang berbeda. Semakin banyak jenis roko yang kita hisap, maka jumlah zat kimia yang masuk ke dalam tubuh semakin banyak pula jenisnya dan menyebabkan berbagai macam penyakit pula. 
  5. Hidup di daerah bebas polusi. Ingin tau rahasia orang tua yang tetap sehat meskipun merokok? Intinya mereka hidup sehat jauh dari polusi. Mereka hidup di desa dan di masa mudanya belum banyak asap pabrik dan tidak ada asap kendaraan bermotor,.....

Kesimpulan :
Rokok hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia. Banyak faktor lain yang punya pengaruh lebih besar terhadap kesehatan. Makanya mulai sekarang biasakan hidup sehat. Menghindari rokok lebih baik untuk kesehatan tubuh dan kantong,....  Hehehee,... 

No comments:

Post a Comment