08 June 2015

Review HP : Microsoft Lumia 430

Microsoft Lumia 430 adalah windows phone termurah saat ini (8 Juni 2015). 

Spesifikasi
Layar diagonal 4 inchi 480 x 800 pixel
Akurasi dan sensitivitas touch sangat baik, warna cerah 16M warna, dan dipandang dari berbagai sudut tetap jelas. Kerapatan 235 ppi. Pelindung layar biasa, tanpa teknologi sekelas gorilla glass namun tanpa screen guard pun tahan terhadap goresan penggunaan normal. Layar jernih, tampilan nyaman dipandang.


Dimensi 120.5 mm x 63.2 mm x 10.6 mm dengan massa mencapai 127.9 gram
Cocok untuk dipegang satu tangan dan masuk kantong saku. Cocok bagi penggemar gadget kecil. Menurut saya bodi lumayan licin, perlu softcase alias kondom agar keset dipegang deh,....


Mesin Bertenaga
CPU prosessor dual core Cortex-A7 1.2 GHz. Chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 dan RAM 1 GB. GPU Adreno 302 sebagai GPU atau pusat pengendali grafisnya. Dengan RAM berkapasitas 1 GB. Tanap lag, buat game HD Asphalt 8 juga lancar. Jangan bandingkan spek Android dengan Microsoft, spek sama tetap menag Microsoft dengan OS yang ringan.

Windows Phone 8.1
Microsoft menyediakan upgrade OS sampai dengan Windows Phone 10 (kata iklan sih), belum cek updatenya. BBm dan Whatsapp sudah lancar, dulu awal muncul MIcrosoft, BBM agak pending karena bug OS.

Internal Memory 8 Gb dan micro SD
Memory internal 8 GB, dengan kapasitas yang dapat user gunakan sekitar 4,75 Gb karena 3Gb termakan untuk OS. Microsoft Lumia 430 juga menyediakan slot microSD yang bisa ditambahkan dengan kartu memori berkapasitas hingga 128 GB.

Kamera Belakang 2 MP dan depan VGA
Patut disayangkan, dengan dapur pacu berkualitas, Microsoft tidak menyematkan kamera-kamera mumpuni untuk mengimbangi kualitas mesinnya. Pada sisi belakang, terdapat kamera digital beresolusi 2 MP. Dengan kemampuan kamera tersebut, kamu bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang cukup baik. Hasil jepretan fotonya beresolusi 1600 x 1200 pixels. Sementara itu, rekaman video yang dihasilkan memiliki resolusi 480p pada 30fps. Hasil yang lumayan bagus, meski tidak setajam foto jepretan Lumia varian premium. Sebagai pelengkap spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual di sektor fotografi, ditempatkan juga kamera VGA di bagian depan. Meski terbilang mengecewakan juga, setidaknya kamera sekunder ini tetap bisa diandalkan untuk video call dan selfie. 

Dual SIM  Koneksi 3G (SIM 1 atau 2)
Kedua slot SIM Card pada Microsoft Lumia 430 Dual akan aktif sekaligus, micro SIM ya gan, perlu dipotong kalo pake mini sim. Namun, untuk keperluan sambungan data, bisa dipilih SIM 1 atau 2 yang terkoneksi 3G. Dengan HSDPA bakal bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 42 Mbps. Sementara itu, keperluan uploading akan berjalan dengan kecepatan hingga 5.76 Mbps. Dengan handset ini, kamu juga akan bisa mengeksplor dunia maya melalui WiFi dan hotspot serta bisa thetering hotspot maupun USB. Lumia 430 Dual juga dilengkapi dengan bantuan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS, kamu bisa menggunakan gadget ini sebagai penunjuk arah atau mendeteksi lokasi.

Baterai berkapasitas 1500 mAh yang awet
Untuk mendukung kinerja ponsel, Microsoft menyematkan baterai dengan kapasitas 1500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Microsoft Lumia 430 Dual mampu bertahan lama hingga 720 jam pada kondisi stand by di jalur 3G. Sementara itu, pada keadaan talk time atau menerima panggilan di jalur 3G, Microsoft Lumia 430 Dual bisa bertahan hingga 8 jam 30 menit, memutar musik selama kurang lebih 47 jam. Kapasitas yang cukup kuat untuk menemani aktivitasmu seharian.
Menurut saya baterai normal, hanya 1500 mAh tapi untuk suplai daya OS Windows Phone cukup untuk seharian. Tidak awet dan juga tidak boros. Android buat seharian butuh minimal 3000 mAh.

Foto Penampakannya :






Minus milik saya ini :
Terdapat tiga titik brigh pixel, titik putih kecil. Hanya terlihat ketika booting atau ketika brighness di set maksimal dengan tampilan layar saat hitam polos

No comments:

Post a Comment