25 June 2018

Tagihan Listrik PLN Menurun

Bulan kemarin ketika saya pulang ke rumah ibu bercerita, tagihan listrik yang semula 200rb-an sekarang hanya 100rb-an. Alhamdulillah, prediksi saya berhasil.

Cerita awalnya,.....

Tagihan listrik keluarga kami sebelum tahun 2017 berada pada kisaran 80rb-an, kami anggap wajar, ketika 1 kWh tarifnya 600-an rupiah. Ketika tarif dasar listrik naik menjadi 1300-an per kWh dan tagihan naik menjadi 200rb-an, saya berfikir beban apa yang perlu dikurangi?

Hipotesis untuk menurunkan tagihan listrik.


  1. Membangun tandon air sehingga pompa air menyala secara teratur. Pompa air yang sering nyala-mati sedikit berpengaruh, ibarat sepeda motor yang berjalan stabil dan yang banyak gas-rem.
  2. Menjual kulkas lama dua pintu dengan kulkas baru satu pintu. alasannya:
    • kulkas teknologi baru lebih hemat daya.
    • kulkas lama sudah berusia 15-an tahun.
    • kulkas dua pintu hanya terisi sedikit.
    • kulkas satu pintu memiliki daya lebih rendah.
Hasilnya,....

tagihan listrik rumah turun dan selisih biaya tersebut beberapa bulan ke depan bisa digunakan untuk menutup pembangunan tandon air dan pembelian kulkas baru.

info tambahan:
daya 900 VA
perangkat elektronik yang ada di rumah
- pompa air menyala setiap hari
- setrika jarang
- kulkas satu pintu 65 watt
- magic com memasak setiap pagi dan sore, serta menghangatkan pagi-siang
- vacum cleaner jarang menyala
- Laptop ketika saya pulang
- cas hp setiap hari
- TV LED dan receiver menyala setiap siang dan malam.
- TV tabung dan receiver menyala setiap pagi
- Lampu yang menyala sepanjang malam ada 6. petang-malam menyala 11 lampu



Outtro,..
ketika hari raya berkunjung ke tetangga dengan listrik 450 VA saya melihat tagihan listriknya hanya 9rb dengan pemakaian 25 kWh. Listrik 450 VA masih disubsidi pemerintah dan saya kira tepat sasaran. Pemakaian listrik tetangga tersebut yang saya tahu, TV tabung, pompa air, lampu : tiga hal ini yang mungkin menggunakan banyak energi.

No comments:

Post a Comment