01 April 2013

Tips Bangun Malam / Pagi / Subuh

inspirasi dari pengalaman pribadi

Untuk membiasakan diri bangun pagi ada 2 hal, secara sukarela dan secara terpaksa. Namun saya memilih cara kedua yaitu secara terpaksa. Membiasakan diri bangun pagi memanglah sangat sulit, perlu waktu bertahun-tahun, namun untuk menghancurkan kebiasaan ini sangatlah mudah, hanya dalam waktu satu minggu saja jika kita malas bagun maka hancurlah kebiasaan baik ini.

Bangun pagi merupakan suatu keharusan. Mengapa? karena kita sebagai umat islam harus melaksanakan shalat subuh. Lebih baik lagi jika kita bisa mengikuti sunnah Nabi yaitu bangun di 1/3 malam terakhir untuk beribadah. 


Bagaimana caranya agar kita bisa bangun pagi rutin?
suatu kebiasaan yang baik berawal dari kebiasaan. Amal yang sedikit namun istiqomah itu lebih baik daripada amal banyak namun jarang. Agar bisa bangun pagi tidak cukup sekadar alarm atau minta tolong orang untuk dibangunkan namun harus dimulai dari hati yang kuat.

Yakinlah bangun pagi itu bermanfaat :
- Untuk beribadah
- Menghindari kemalasan
- Olahraga pagi
- Berpikir jernih
- Suasana tenang
- Internet murah dan ngebut

Jangan tergoda suasana lingkungan. Saya merasa prihatin karena di lingkungan akademis (kampus) justru kebanyakan mahasiswa malas bangun pagi dan senang begadang.

No comments:

Post a Comment