29 May 2015

Agama lebih penting dari Fisika

Manakah yang penting, dunia atau akhirat? keduanya penting, sejalan seirama. Mana yang lebih penting? akhirat lebih penting. Namun banyak orang terlena oleh gemerlap dunia.
Mengutip beberapa hadist, 
“menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki - laki dan muslim wanita”.
Ilmu apakah itu, ilmu yang utama adalah tentang ibadah dan muamalah karena hukumnya fardu ain. Setiap individu harus mengetahui kewajiban dan tata cara melaksanakan dengan baik dan benar. Ilmu fisika dll hukumnya fardu kifayah, cukup beberapa orang yang menguasai maka gugur kewajiban orang lain untuk belajar.
“Barang siapa ingin meraih dunia, maka raihlah dengan ilmu. Barangsiapa ingin meraih akhirat, maka raihlah dengan ilmu. Barangsiapa ingin meraih keduanya, maka raihlah dengan ilmu.”

“menuntut ilmu itu dari lahir sampai liang lahat”. Mengutip dari Q.S. Al Mujadilah ayat 11 “Allah meninggikan orang uang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat”. Yang ditinggikan derajatnya di dunia dan akhirat adalah yang beriman DAN berilmu pengetahuan. Kata dan berarti harus keduanya dilakukan. Jika hanya berilmu pengetahuan tanpa iman maka mungkin hanya tinggi derajatnya di dunia saja.
Guru tidak hanya sebagian pengajar namun pendidik. Tidak hanya mengajar ilmu saja namun akhlak juga harus turut serta. Kata yang sering saya tekankan pada murid mirip judul di atas yaitu “belajar agama lebih penting daripada belajar fisika”. Percuma kamu pintar fisika namun tidak tahu tentang agama. Dan langkah setelah mengetahui tentang agama adalah mengamalkannya. Dulu ketika membimbing siswa privat di rumah mereka sore atau malam hari seringkali bertepatan dengan waktu shalat. Saya pantau cara wudu dan salatnya, lalu saya benarkan ketika salah. Biasanya salat jamaah bersama siswa.
Pendidikan agama di sekolah negeri sangat kurang, hanya 2 jam pelajaran seminggu. Suatu saat jika menjadi guru PNS di suatu sekolah negeri, saya ingin diskusi bersama para guru agama islam untuk mencari jalan keluar. Saya bersedia mengisi jam tambahan pendidikan agama islam tanpa uang lembur,…. Insya Allah,….

No comments:

Post a Comment