11 March 2016

Banding : Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi Note 2

Saya sudah Hands On kedua HP yang akan saya bandingkan, hak milik pribadi sehingga bebas ngapain aja. Ok mulai, selanjutnya Meizu M2 Note saya singkat M2N dan Xiaomi Redmi Note 2 saya singkat Reno2

Desain Body : M2N
Desain Reno2 seperti hape biasa kebanyakan. Tiga tombol kapasitif di bawah yang dapat menyala. Sedangkan desain M2N lebih fresh berbeda dengan Android kebanyakan, dengan satu tombol navigasi di bagian bawah sebagai tombol back ketika disentuh, tombol home ketika di tekan, dan tombol power ketika ditekan lama.

Processor : Reno2
Sama-sama mediatek octacore namun clock speed 1,3 vs 2,0 GHz. Reno2 menggunakan prosesor terbaru Helio yang lebih unggul.

RAM : Reno2
Sama-sama menggunakan kapasitas RAM 2Gb namun free RAM lebih banyak Reno2, bisa clear ram sekali sentuh. Sistem Operasi meizu M2 Note boros ram tapi tetap smooth jarang lag. Pernah lag ketika terlalu banyak aplikasi yang aktif.

Bencmark : Reno2
Reno2 lebih unggul bagi kalian pengagum bencmark. Antutu maupun fps lebih tinggi. Tapi ingat, bencmark bukan patokan utama, bencmark tinggi belum tentu lebih bagus dibanding bencmark yang sedang, masih banyak faktor lain.

Storage : Reno2
Meskipun sama-sama memiliki memori internal 16Gb namun free memori sedikit lebih banyak Meizu M2 Note ketika awal baru dinyalakan. Keunggulannya pada Reno2 terdapat slot Micro SD terpisah yang tidak memakan slot sim card seperti pada meizu M2 Note.

Baterai : Reno2
Baterainya removable.
Waktu pengecasan lebih singkat. 1,5 jam dari 10% -  100%. Meizu M2 Note butuh 2 jam.

Power Manajemen : Meizu M2 Note
Bisa mengatur aplikasi apa yang close dalam mode standby.  Baterai jauh lebih awet dengan screen on time lebih lama.

Kamera : Meizu M2 Note
Meski sama-sama 13 MP namun ada mode manual pada Meizu M2 Note mirip DSLR, sehingga kita bisa banyak berkreasi. Ditambah dengan dukungan dual tone led flash, dibandingkan Reno2 yang single flash, intensitas cahaya yang dihasilkan hampir sama, namun warna hasil foto pada Meizu M2 Note lebih natural.

Sensor : Reno2
Kelengkapan sensor sama, namun sensor gyroscope pada Reno2 dapat berjalan normal sesuai ekspektasi. Sensor gyroscope pada Meizu M2 Note tidak terkalibrasi dengan akurat.

Lampu Notifikasi : Reno2
Bisa warna-warni tidak seperti Meizu yang hanya putih.

Display: Reno2
Ada mode baca menjadikan layar nyaman dipandang ketika browsing dan berlama-lama main social media. Ketika digunakan di bawah sinar matahari maupun lampu,  Reno2 lebih sedikit refleksi dibanding meizu M2 Note. Namun sayang belum ada proteksi semacam gorilla glass pada keduanya sehingga perlu tambahan aksesoris tempered glass.

Konektivitas : Reno2
Tersedia remote control yang kompatibel untuk banyak alat elektronik seperti AC, TV, Proyektor, dll.

User Interface : Reno2
Banyak pilihan customisasi pada MIUI 7. Free RAM lebih banyak.

Suhu : Meizu M2 Note
Meizu M2 Note lebih dingin dibandingkan Reno2 untuk faktor penggunaan yang sama.

Harga : Reno2
Maklum garansi distributor, bukan garansi resmi, lebih murah 200rb selisihnya di toko online lazada. Ini mungkin strategi Xiaomi menghindari aturan di Indonesia. 1,5jt vs 1,7jt. Padahal 6 bulan lalu saya beli meizu M2 Note 1,9jt.

Jaminan Garansi : Meizu M2 Note
Meizu M2 Note merupakan barang resmi berizin. Klaim garansi dapat dilakukan di banyak kota besar di Indonesia, namun proses perbaikan dikirimkan ke Jakarta.

Overall :
Saya masih memilih Meizu M2 Note.
Alasan :
1. Daya tahan baterai lebih lama.
2. Suhu lebih dingin.
3. Kualitas kamera.

Semua tergantung individu, bijaksanalah dalam memilih, bedakanlah keinginan dan kebutuhan.
Pengguna smartphone bagi saya:
1. Baterai tahan lama.
2. Bukan untuk game dan aplikasi berat.
3. Kualitas foto yang bagus.
4. Desain gak pasaran, tampil beda.

No comments:

Post a Comment