29 October 2011

Air dan Hukum Air



            Air begitu penting dalam kehidupan manusia, maka dari itu air juga dibahas dalam agama. Jika kita buka beberapa buku atau kitab yang membahas tentang ilmu fiqih, maka kita akan menjumpai bahasan air pada bab pertama. Air biasanya dibahasa dalam bab Thaharah,.....


              Foto disamping kanan ini adalah foto depan rumah kontrakan saya di Semarang. Terlihat tandon air berwarna jingga yang menampung air dari sumur di bawahnya. Satu alasan saya terkuat dan yakin memilih kontrakan ini adalah karena konsidi airnya yang terjamin jika dibandingkan dengan tempat lain, terlebih jika dibandingkan dengan kos lama saya ketika semester 1.


        Sedangkan gambar sebelah kiri ini adalah foto salah satu kamar mandi di dalam kontrakan. Terlihat ada selang yang menancap pada kran air. Selang inilah yang sering saya gunakan mandi dan wudlu. Air yang saya gunakan adalah air yang langsung keluar dari kran, insya Allah air tersebut suci mensucikan. Saya terbiasa mandi dengan air dari pancuran, maka dari itu kran saya modif jadi begitu.
            Masalah air begitu penting, perlu kita ingat lagi tentang klasifikasi air dalam islam ada 4 :
1. Air suci mensucikan tidak makruh
2. Air suci mensucikan tetapi makruh
3. Air suci tidak mensucikan
4. Air najis
Lebih lengkapnya : klik disini.

No comments:

Post a Comment