13 May 2012

Pengalaman Berharga "Jangan Menunda Shalat"



Jum’at pagi pukul 10.00 WIB aku berangkat dari kontrakan untuk menuju kampung halaman. Keluar dari pintu kontrakan, aku langsung melihat angkot warna hijau, aku pun memanggilnya dan langsung naik. Tidak beberapa lama sekitar 15 - 20 menit kemudian aku tiba di Ungaran. PO. Safari tak lama kemudian melintas dan aku naik hingga sampai di terminal Tirtonadi kota Solo.

Aku melihat jam dan mengira – ngira bahwa waktuku masih cukup untuk melaksanakan shalat jamak takhir di terminal Madiun, tapi akhirnya kuputuskan untuk melaksanakan shalat jamak taqdim qashar di terminal Tirtonadi. Selesai shalat aku langsung menuju parkitan bus jurusan Surabaya. Di sana aku menemukan PO. Sugeng Rahayu dan PO. Sumber Selamat. Di belakangnya ada PO. Mira. Tanpa pikir panjang aku naik PO. Sugeng Rahayu dan ternyata benar, bus ini yang berangkat duluan.



Tak lama berselang bus meninggalkan terminal, banyak sekali preman dan pengamen jalanan yang masuk. Dan kali ini aku mengalami kejadian pengamen yang paling brutal selama aku naik bus. Sambil menahan diri karena tak mampu berbuat apa – apa, terpaksa kulihat saja tingkah laku mereka.
Bus terus melaju dan ketika sampai di Ngawi dekat dengar terminal bus tiba – tiba melaju pelan. Di sebelah kiri jalan kulihat ada Bus Mira dengan posisi terguling, kaca depan pecah,….   Penumpang yang duduk di depanku berkata, “itu kan bus yang tak jadi kunaiki tadi!”. Dan memang benar itu adalah bus yang berangkat mendahului bus Sugeng Rahayu yang sedang kunaiki.
Aku pun langsung merinding, kuucapkan hamdalah sebanyak – banyaknya,……
Aku menyadari betapa pentingya untuk “TIDAK MENUNDA SHALAT”. Bagaimanakah nasibku jika seandainya tadi menunda shalat dan melakukan jamak takhir di terminal Madiun?  Pastinya ketika aku melihat PO. Sumber Group dan PO. Mira berjejer, aku akan memilih PO. Mira. Tapi dengan melakukan shalat terlebih dahulu aku bisa terhindar dari musibah,… Alhamdulillah,…
Untuk semuanya, marilah kita saling mengingatkan :
  1. Jangan menunda shalat. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita. 
  2. Jangan lupa untuk selalu berdoa. 
  3. Banyak – banyaklah zikir setiap saat.
Semoga kita semua tetap diberi keselamatan,… Allahumma aamiiin,….

1 comment:

  1. subhanallah ,terimakasih mas infonya ,, sangat bermanfaat sekali mas ini .. :D

    ReplyDelete