20 October 2011

Motor Irit dengan Hukum II Newton

        Kebanyakan dari kita hanya belajar fisika rumusnya saja, padahal banyak sekali fenomena fisika yang dapat kita amati di kehidupan nyata. Misalnya tentang penerapan Hukum II Newton tentang gerak. Ternyata Hukum II Newton ini bisa kita gunakan sebagai dasar agar motor kita irit BBM.

Tentang Hukum II Newton dan caranya agar bisa membuat motor irit :

     Kita tahu bahwa :
     F = m.a
     dengan      F  = gaya oleh mesin motor
                      m = massa motor
                      a  = percepatan gerak motor

      Massa motor dianggap konstan, kenapa? tanya orang di sini. maka, besarnya F berbanding lurus dengan a (gaya sebanding dengan percepatan). Besarnya gaya F bisa kita atur sendiri yaitu dengan gas pada motor. Semakin tinggi gas alias motor semakin nggereng berarti gaya yang dihasilkan semakin besar dan percepatan motor juga semakin besar. Tetapi perlu diingat juga bahwa besar gaya sebanding dengan energi :
      W = F.s
Semakin banyak energi W yang dipakai berarti juga semakin banyak sumber energi yang kita gunakan (bensin makin boros).

         Dari ulasan di atas berarti percepatan a sebanding dengan sumber energi (bensin). Maka dari itu untuk menghemat bensin harus mengurangi percepatan. Naik motor santai saja, tidak usah kebut - kebutan. Kalau ingin ngebut dan irit bensin, maka gas harus konsta, ingat F = m.a (jika a sama dengan nol maka F juga sama dengan nol)

         Dalam praktek di kehidupan nyata, tidak mungkin naik motor kecepatan konstan dengan F = 0, padahal a = 0, karena walaupun a = 0 ada gaya F yang digunakan untuk melawan gesekan udara dan menjaga kecepatan tetap konstan.

Kesimpulan Akhir :
Agar motor irit bensin, naiklah motor dengan santai (ubah style berkendaramu seperti style berkendara orang- orang tua)

Sekian, terimakasih

2 comments:

  1. wah,,, nek santai,, semarang-kudus ga bisa 1,5 jam de,. hehe,.. (biasa ngebut,, susah diubahnya)

    ReplyDelete
  2. betul mbak,.... memang beda kok antara naik motor jarak dekat dengan jarak jauh Ponorogo - Semarang misale,... lebih irit jarak jauh tetapi jalannya lancar, bisa banter dgn gas stabil

    ReplyDelete