21 May 2014

Perlukah Sering Ganti Hape ?

HP pada saat ini adalah sesuatu kebutuhan, bukan hanya sebagai lata komunikasi namun juga perlu mencakup kebutuhan lain era modern, all in one. Ada orang dengan tipe setia, satu hp selamanya sampai rusak, namun ada pula yang sering ganti-ganti hape dengan berbagai alasan.

# Alasan orang ganti hp :
  1. hape lama rusak
  2. hape lama tidak mencakup kebutuhan
  3. pengen gaya
  4. punya uang lebih
  5. gila gadget
  6. dll
# Apa tanggapan orang sekitar terhadap orang yang suka ganti hp :
  1. orang kaya
  2. sombong
  3. gila gadget
tetapi setelah melakukan pengamatan, pengalaman, serta, mengkalkulasi dengan perhitungan yang detail menggunakan microsoft excel, ternyata sering ganti hp itu perlu dan penting. Seberapa pentingnya dan berapa batasan waktu untuk ganti hape baru berikut ulasannya.

# Kapan perlu ganti HP ?
anda perlu segera menjual hp lama dengan yang baru ketika usia pemakaian 10-11 bulan.Ambil waktu tepat 10 bulan pemakaian segera jual hp anda. Garansi rata2 12 bulan, segera jual sebelum harga hp anda jatuh karena garansi habis maupun karena barang jadul/lama.

# Berapa bulan sekali harus ganti HP ?
seperti ulasan di atas, ganti setiap 10 bulan sekali.

# Harus ganti HP yang seperti apa ? 
  1. harus sesuai kebutuhan, kesampingkan keinginan
  2. pilih brand yang harga jual kembali tinggi, agar harga jual tidak jatuh
  3. jangan tergoda merk biasa, spek tinggi harga murah. kualitas pasti mengecewakan/
# Rugi donk, hasil penjualan masih kurang buat beli hp baru !
Nah, di sinilah hasil kalkulasi excel yang saya buat bisa menjelaskan. Sebenarnya anda tidak rugi, misal contoh dari pengalaman saya pribadi. Agustus 2012 beli Xperia U 2,2 juta ketika saya jual sekarang tinggal 800rb saja. Rugi (2,2 - 0,8 ) 1,4 juta. Pemakaian 20 bulan (1,4 jt / 20) = 70rb perbulan. Artinya untuk menikmati hp ini saya harus keluar duit 70rb perbulan alias 2500 per hari,....

Misalkan pada bulan kesepuluh setelah pembelian saya jual bisa laku 1,7 jt. Ruginya (2,2 - 1,7) 500rb saja. 500rb / 10 bulan = 50 rb perbulan. Serta ketika beli baru lagi saya bisa mendapat teknologi terbaru dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi. Taruhlah modal 300rb jadi hasil penjualan + 300rb = 2 jt. Bisa dapet hp baru dgn spek lebih tinggi dan jaminan garansi.

# Entar dikira sombong !
seperti pepatah, "biarkan anjing menggonggong", asal niat kita nggak pamer ataupun sombong.

# Keuntungan ganti hp :
  1. Dapat barang baru dengan jaminan garansi 12 bulan ke depan
  2. Kepuasan tersendiri "memperawani : beli hape baru jelas mending daripada beli bekas, ada kepuasan tersendiri ketika pegang laptop baru maupun hp baru dan utik-utik fitur yang ada di dalamnya, serta bisa membuat ulasaan dan perbandingan.
  3. Spesifikasi hardware lebih mumpuni untuk aplikasi yang semakin lama semakin berat

Sekian semoga bermanfaat, kritik dan saran saya harapkan, silakan koment,.............

No comments:

Post a Comment