17 November 2011

Eksperimen Uji Konsumsi BBM pada Motor

          Pernhakan kalian menghitung berapa jarak yang dapat ditempuh motormu untuk satu liter bensin ???
Berikut adalah metode pengujian yang valid menggunakan ralat pengamatan,..  Metode ini sudah saya praktekkan untuk dua buah motor yaitu Yamaha Vega R 110cc produksi tahun 2008, dan Honda Supra X 125R produksi tahun 2007. Hasil menunjukkan bahwa Yamaha Vega lebih irit, dan dari hasil prediksi saya untuk motor lain asli settingan pabrik, motor Yamaha Vega di atas yang saya sebutkan adalah motor paling irit di pasaran Indonesia.

Langkah - Langkah Pengujian :

  1. Datanglah ke SPBU terdekat, isi bensin sampai full kemudian catatlah jarak dalam km yang telah ditempuh motor anda.
  2. Pakailah sepeda motor secara wajar sesuai cara berkendara anda sehari - hari sejak dulu, intinya jangan rubah gaya berkendara anda.
  3. Setiap melakukan pengisian bensin pada SPBU, isilah dengan jumlah yang konstan, misalkan 10rb rupiah atau 15rb rupiah setiap melakukan pengisian, serta catatlah jarak (km) yang tertera pada odometer.
  4. Lakukan langkah nomor 3 minimal 10 kali pengisian, lebih banyak lebih valid. Pada pengisian setelah kesepuluh, isilah full dan catatlah km pada odometer.
  5. Maka akan diperoleh data :
    1. Langkah nomor 1 pengisian full : 14145 km
    2. Pengisian pertama 15rb ; tertera 14305 km 
    3. Pengisian kedua 15rb ; tertera ........
    4. Dan seterusnya hingga pengisian ke 10 ; tertera
    5. Pengisian terakhir tertera .....  km.
  6. Dari tiap pengisian maka diperoleh jarak yang ditempuh dengan bensin sejumlah 15rb rupiah. kemudian dihitung jarak rata - rata yang dapat ditempuh oleh 1 liter bensin. 
  7. Hasil hitungan ini adalah jarak rata - rata yang ditempuh 1 liter bensin.
  8. Kita dapat mencari deviasi menggunakan ralat pengamatan. Jarak yang ditempuh pada jeda tiap pengisian dikurangi dengan jarak rata2 yang ditempuh. Hasil ini dapat kita hitung untuk mencari persentase kesalahan relatif dan ketelitian.
Ini adalah metode yang valid karena motor dikendarai secara wajar, tidak dalam even lomba uji irit. Terimakasih,....  masukan anda sangat berarti untuk kami.  

1 comment: