15 November 2011

Melihat Jalur Susu (Milky Way)

          Galaksi adalah kumpulan dari tata surya, tata surya adalah sistem yang terdiri atas sebuah bintang dan beberapa planet. Galaksi tempat kita tinggal adalah galaksi Bima Sakti dan matahari sebagai bintang serta pusat tata surya kita. Orang - orang barat menyebut Galaksi Bima Sakti dengan nama Milky Way yang berarti jalan susu karena terlihat putih seperti jalur susu. Apakah sebenarnya jalur putih tersebut?

Jalur Susu adalah : 

          Pada tahun 1610, saat Galileo meneropong jalur putih yang terlihat di langit ini, dia tercengang takjub akan pemandangan yang dilihatnya. Jalur putih yang terlihat seperti awan tipis itu ternyata terdiri dari ribuan bahkan jutaan bintang - bintang. 

         Bintang - bintang di langit letaknya tidak merata dan bintang yang dapat dilihat dari bumi dengan mata biasa itu adalah bintang yang terdapat di galaksi Bima Sakti, tempat kita berada. Matahari terletak agak di tepi Galaksi, sehingga jalur putih yang terlihat (Milky Way)  tersebut adalah kumpulan bintang - bintang di sekitar pusat galaksi. 

Pernahkah anda melihat Milky Way ??? 

         Tidaklah mudah melihat jalur Milky Way. Berikut ini syarat - syarat yang harus kamu penuhi semuanya. Kurang satu syarat saja maka milky way tidak bisa terlihat.

Syarat Melihat Milky Way :
  1. Malam Hari. Milky Way tidak terlihat ketika maghrib, subuh, apalagi siang hari.
  2. Cuaca cerah. Milky Way tidak terlihat ketika ada awan, karena awan menghalanginya.
  3. Bulan Muda/Tua tanggal Qomariyah/Hijriah. Milky Way tidak terlihat ketika bulan purnama dan sekitarnya karena cahaya Milky Way kalah terang dibanding cahaya bulan.
  4. Lokasi pengamatan jauh dari kota. Lokasi harus berjarak minimal sekitar 80km dari pusat kota kabupaten. Mengapa hal ini harus dipenuhi ???  Lampu penerangan masa kini menyebabkan cahaya bintang kalah terang. Ketika kita tinggal di sebelah barat suatu kota, maka ketika malam hari melihat langit sebelah timur, maka akan terlihat sangat terang seolah - olah subuh telah tiba. (ingat legenda Roro Jonggrang Candi Prmbanan). 
  5. Matikan lampu penerangan di sekitar tempat pengamatan. Jarak lokasi pengamatan dengan lampu penerangan yang menyala minimal sekitar 200 meter.
  6. Jika lima syarat di atas sudah dipenuhi, maka lihatlah langit dari selatan hingga ke utara, maka akan terlihat Milky Way yang begitu indah,...  Subhanallah,...

Contoh lokasi yang masih bisa melihat Milky Way saat ini : rumah orang tuaku di Ponorogo. Saya tidak pernah melihat Milky Way selama tinggal di Kota Ponorogo, Peterongan Kab. Jombang, apalagi meliahtnya di Kota Semarang seperti sekarang. Yang kurindukan ketika pulang di rumah malam hari adalah melihat Milky Way yang begitu indah. Allah Maha Besar,...

No comments:

Post a Comment